Halaman

Minggu, 14 Juli 2013

BELANJA PERLENGKAPAN BAYI DENGAN BIJAKSANA




Perlengkapan bayi merupakan satu dari banyak hal yang perlu ita persiapkan menjelang kelahiran,jika ini merupakan kelahiran pertama anda mungkin anda bingung dengan perlengkapan apa saja yang akan anda beli. Jangan sampai pula belanja kebutuhan bayi ini menjadi masalah bagi anda seperti kami kutip di http://www.female.kompas.com .

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah belanja kebutuhan yang sudah menjadi rioritas utama yang tentunya sesuai dengan budget anda dan kebutuhan yang terpenting adalah standar bayi baru lahir dengan kata lain meski keuangan terbatas kebutuhan ini haruslah diutamakan antara lain:
1.      PERLENGKAPAN PAKAIAN Seperti baju,celana,popok,selimut,baju terusan,baju untuk bepergian,kaos kaki dan penutup kepala. Untuk kebutuhan bayi dengan pemakaian yang lebih sering harus disediakan  lebih banyak lagi seperti popok dan pakaian walaupun begitu tidak perlu banyak karena bayi yang baru lahir akan tumbuh dengan cepat sehingga membuat pakaian bayi menjadi cepat berganti ukuran.berikut jumlah yang diperlukan :
·         Satu lusin baju lengan panjang dan pendek
·         Dua lusin celana panjang dan pendek
·         Dua lusin popok kain
·         2 perlak untuk alas ganti popok atau mandi dan alas tidur
·         Setegh lusi selimut atau gendongan
·         Setengah lusi washlap
·         1 lusin lap gumoh.
Untuk warna pakaian perbanyaklah warna netral dan hindari dominasi warna tertentu contoh :
·         Kalau bayinya perempuan tak perlu semu kebutuhannya di beli warna pink atau biru untuk laki laki.
·         Membeli warna netral seperti kuig tau hijau sama saja penghematan karena daapaat dimanfaatkan kembali untuk anak selanjutnya

2.      PERLENGKAPAN MANDI Cukup beli bak mandi 1 buah saja dan sampo cukup dua botol ukuran sedang sert 2 -3 handuk lembut yang perlu kita persiapkan    
3.      PERLENGKAPAN KEBERSIHAN Beli cotton bud dua kotak,kapas dua kotak untuk bersih bersih setelh bug air kecil atau besar untuk si bayi,satu gunting kuku,satu sisir, dan dua wadah penampung air hangat. Dan pilihlah wadah yang terbuat dari stainless stel karena lebih mudah dibersihkan dan higienies d jangan lupa satu botol keil minyak zaitun untuk berjaga jaga apabila diperlukan.   
4.      PERLENGKAPAN MENYUSUI Beli botol kaca untuk menyimpan ASI dan perah setengah lusin atau sesuai kebutuhan ibu bila  ASI nya sanngat banyak beli juga stu sterilizesatu coller bag dan satu pompa  ASI jika diperlukan.

5.      PERLENGKAPAN KOSMETIK  ATAU PERAWATAN TUBUH Seperti baby oil/lotion, minyak telon bedak dan lainnya, belilah dalam jumlah kemasan kecil sehingga bila ternyata tidak cocok dan perlu diganti anda tidak terlalu membuang uang . Namun begitu juga sebaliknya apabila cocock dengan kebutuhan anda bisa membelinya lebih banyak sesuai dengan kebutuhan bayi. Selain itu untuk produk tertentu beli isi ulang seperti tisue basah.     
6.      PERLENGKAPAN LAIN LAIN
Anda juga memerlukan perlengkapan seperti Gendingan (cukup beli 2) dan celemek (belilah tiga buah) selain semu kebutuhan di atas ada beberapa produk penting namun tidak harus di beli tapi perlu diperhatikaanmanfaat dan frekuensi pemakaiannya seperti Boks bayi,Kereta dorong,Lemari tempat ganti popok dan Car seat. Perlu kita teliti Sroller masa pakainya ada yang hanya dalam beberapa bulan begitu juga dengan boks bayikarena kenyataannya banyak bayi tidur dengan ibunya karena akan lebih nyaman bagi si bayi begitu juga dengan membelikan mainan bagi si bayi tidak perlu berlebihan. Mengajak bayi bermain bisa dengan menyayikan lagu atau menggendongsambil menggoyang goyangkan dan sekarang tergantung bunda dalam menghemat membeli kebutuhan si kecil semoga tips di atas bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar